Wednesday, April 13, 2011

Nail Art fantastic

Keindahan dan kebersihan diri merupakan pancaran pribadi seseorang. Tidak heran bila kemudian, banyak kaum hawa yang berlomba-lomba mempercantik semua bagian tubuhnya hingga yang terkecil sekalipun seperti kuku. Salah satu caranya adalah dengan Nail Art. Seperti apakah seni mempercantik kuku ini?
            Pada dasarnya, banyak bagian tubuh yang dapat diekplorasi untuk mempercantik penampilan. Seperti anting untuk telinga, gelang dipasang di tangan dan di leher diberi hiasan kalung. Belakangan, muncul tren untuk menghias tubuh dengan tato. Seni melukis tubuh ini sebelumnya dipandang sebelah mata karena cenderung dipergunakan oleh para preman untuk menambah kesan sangar dan kejam. Namun seiring dengan perubahan jaman, tato di tubuh makin diminati oleh beragam kalangan, laki-laki maupun perempuan.
            Di Jakarta, satu tahun terakhir terjadi tren baru dalam menghias tubuh. Yakni dengan hadirnya seni menghias dan mewarnai kuku atau lebih dikenal dengan sebutan Nail Art. Seni ini berasal dari negeri Sakura, Jepang dan masuk ke Indonesia sekitar lima tahun lalu. Jauh sebelum Nail Art hadir, kuku sebenarnya merupakan bagian tubuh yang sangat penting dalam penampilan. Karena meski bentuknya kecil dan berada di ujung jari (baik kaki maupun tangan), kuku mempunyai peran penting dalam menunjang penampilan, utamanya bagi kaum hawa. Sehingga tidak heran, banyak produsen kecantikan menyediakan berbagai produk untuk kuku, seperti cat kuku (kutek) serta cairan penghapusnya, serta perawatan manicure dan pedicure, dan Nail Art.
            Dibawah ini adalah beberapa langkah menuju kuku indah dan cantik dengan Nail Art :
1.      Awalnya kuku dibersihkan dan oleskan base coat yang mengandung Vitamin E untuk menghindari masalah kuku.
2.      Kemudian diberi kutikula krim untuk membersihkan kotoran-kotoran di sekitar kuku.
3.      Setelah itu, kotoran kuku diambil dengan menggunakan stik penyodok khusus.
4.      Kulit-kulit yang berlebih, kapalan, dan kering dibersihkan dengan alat bernama lidah ular.
5.      Kemudian jari-jari yang akan diolesi kuteks, di-massage terlebih dahulu, lalu dibilas dan disikat agar bersih dan kuteks melekat sempurna.
6.      Bila ingin menggunakan kuku palsu untuk menambah kesempurnaan, hal tersebut juga bisa dilakukan pada tahap ini. Kemudian panjang kuku palsu disesuaikan dengan keinginan Kamu, kemudian dikikir dan dirapihkan. Kuk plastik ditempelkan ke kuku asli dengan lem khusus. Setelah kering, baru pembuatan lukisan atau gambar dimulai.
7.      Pembuatan lukisan atau gambar dilakukan langsung di atas kuku. Rata-rata pengerjaan untuk seluruh kuku memakan waktu satu jam, dengan daya tahan sekitar tiga minggu untuk kuku palsu dan satu bulan apabila langsung di atas kuku asli.
Tips merawat kuku yang telah diberi Nail Art :
1.      Hindari kegiatan-kegiatan yang ekstrim dan menggunakan banyak gerak tangan.
2.      Bila kuku Kamu termasuk tipis dan bentuknya kurang lentik, Kamu bias menggunakan kuku palsu agar hiasan yang menempel pada kuku lebih awet dan tidak mudah patah.
3.      Hindari kegiatan mencuci atau yang berhubungan dengan air dan sabun. Misalnya mencuci rambut, mencuci piring apalagi mencuci mobil karena hal tersebut bias merusak hiasan kuku yang telah dipasang. Karena sifat cat kuku yang dipergunakan sangat tetap rentan apabila terkena air terlalu lama. Apalagi jika kuku yang dihias sangat panjang, membuat kuku gampang patah.
Bila Kamu ingin Nail Art Kamu tetap awet dan terlihat bersinar, maka Kamu harus mengolesnya dengan top coat setiap hari.